PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VB SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Warjo, Ema Nopitasari (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VB SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2064Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (18Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran matematika di kelas VB SD Negeri 3 Metro Pusat belum optimal menggunakan model pembelajaran dengan sistem kerja kelompok, dan aktivitas siswa selama pembelajaran masih kurang. Selain itu persentase ketuntasan hasil belajar siswa rendah yaitu 40,90%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model cooperative learning tipe think pair share. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif partisipasif antara peneliti dengan guru, dan dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes menggunakan lembar observasi dan teknik tes dengan menggunakan lembar soal yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya nilai aktivitas siswa setiap siklusnya. Pada siklus I mencapai 46,44 dengan kategori cukup aktif, siklus II mencapai 60,23 dengan kategori cukup aktif, dan siklus III mencapai 76,14 dengan kategori aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 50%, siklus II mencapai 63,64%, dan siklus III mencapai 81,82%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar matematika, model cooperative learning tipe think pair share

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:21
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir