PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG RUPIAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV C SD NEGERI 1 SURABAYA KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG

Usman Suro, HABSOH (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG RUPIAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV C SD NEGERI 1 SURABAYA KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (274Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (414Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (546Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (3615Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran matematika di kelas IV C SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu berkisar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sekolah (65). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur dalam penelitian ini ada 2 siklus dengan empat langkah kegiatan yaitu perencanaan,, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data aktivitas siswa menggunakan lembar aktivitas belajar dan pengumpulan data nilai siswa menggunakan lembar hasil tes belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 50,86 meningkat 24,54 point menjadi 75,40. Hasil belajar siswa pada Siklus I mencapai nilai rata-rata 66,33 dengan ketuntasan belajar mencapai 66,67% mengalami peningkatan nilai sebesar 18,84 poin menjadi 85,17 dengan ketuntasan belajar 100% pada Siklus II. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, Matematika, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:21
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir