PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKAMENANTI KEDATON BANDAR LAMPUNG

Abdullah, IKHWAN SETIYAWAN, A. (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKAMENANTI KEDATON BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2872Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Sukamenanti semester dua tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan Prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukamenanti Kedaton Bandar Lampung. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan metode inkuiri, yang dilakukan dalam 4 langkah kegiatan meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa, aspek yang diamati meliputi 4 aspek yaitu siswa memperhatikan penjelasan guru, menjawab pertanyaan, bertanya kepada guru, dan mengerjakan tugas individu, untuk mengamati kinerja guru dalam mengajar menggunakan Lembaran IPKG dan untuk menganalisis prestasi belajar IPA menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 47,50% (kurang baik), dan mengalami peningkatan 71,66% (Cukup baik), atau meningkat sebesar 24,16%. Prestasi belajar IPA siswa pada siklus I rerata nilai mencapai 57 (belum tuntas), terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 79,33 (tuntas). Dengan demikian nilai rerata siswa mengalami peningkatan 22,33. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat dalam setiap siklusnya. Meningkatnya aktivitas dan prestasi belajar siswa adalah karena menggunakan metode Inkuiri siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran, berperan aktif dan merasa senang terhadap materi yang disampaikan. Kata kunci: Aktivitas belajar, Prestasi belajar, IPA, Metode inkuiri.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:21
Last Modified: 16 Jan 2014 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item