WAHYUNI, JUWITA WAHYUNI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADASISWA KELAS IV SDN BERNUNG PESAWARAN TP. 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (615Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip Download (2871Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, terbukti hanya 6 dari 20 siswa (30%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sekolah, yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bernung pada mata pelajaran sains dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi dan hasil tes pada setiap akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 52,4% (kategori cukup), pada siklus II meningkat menjadi 69,2% (kategori baik). Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II yang meperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 15 dari 20 siswa (75%). Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, dan model kooperatif tipe STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 08:02 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/510 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |