PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADASISWA KELAS IV SDN BERNUNG PESAWARAN TP. 2012/2013

WAHYUNI, JUWITA WAHYUNI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADASISWA KELAS IV SDN BERNUNG PESAWARAN TP. 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (615Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2871Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, terbukti hanya 6 dari 20 siswa (30%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sekolah, yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bernung pada mata pelajaran sains dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi dan hasil tes pada setiap akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 52,4% (kategori cukup), pada siklus II meningkat menjadi 69,2% (kategori baik). Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II yang meperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 15 dari 20 siswa (75%). Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, dan model kooperatif tipe STAD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 08:02
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir