PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN 1 METRO BARAT

SINTA MAHARDIYANTI , 101305088 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN 1 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (415Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (395Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERYATAAN.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (398Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 1 Metro Barat melalui penerapan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data teknik non tes berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengamati kinerja guru, hasil belajar kompetensi sikap dan hasil belajar kompetensi keterampilan. Sedangkan alat pengumpulan data untuk teknik tes melalui soal tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa kompetensi pengetahuan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan klasikal dengan nilai minimal 66 (baik) pada kompetensi sikap siklus I berada pada kategori sedang, meningkat di siklus II dengan kategori tinggi dan mengalami peningkatan kembali di siklus III hingga kategori sangat tinggi. Ketuntasan klasikal kompetensi pengetahuan siklus I mencapai 57% kategori sedang. Kemudian mengalami peningkatan 12% di siklus II hingga ketuntasan klasikal mencapai 69% dengan kategori tinggi, dan mengalami peningkatan kembali sebanyak 9% di siklus III hingga diperoleh ketuntasan klasikal 78% dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa kompetensi keterampilan siklus I dan siklus II berada pada kategori sedang, kemudian pada siklus III mengalami peningkatan persentase ketuntasan klasikal hingga kategori tinggi. Kata kunci : pendekatan kontekstual, sikap, pengetahuan, keterampilan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 07 Nov 2014 08:05
Last Modified: 07 Nov 2014 08:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item