PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, RINA MARYANTI (2011) PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
KOPER OKE.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1nyaNa seminar.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2nyaNa seminar.pdf - Published Version

Download (229Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3nyaNa.pdf - Published Version

Download (152Kb) | Preview
[img] Text
bab 4nyaNa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5nyaNa.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (2449Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara tahun pelajaran 2010/2011?” Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dangan menggunaan layanan konseling kelompok.pada kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara tahun pelajaran 2010/2011 Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak 7 siswa kelas XI yang memiliki aktivitas belajar rendah. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menujukan bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini ditunjukan hasil analisis data dengan menggunakan uji z wilcoxson, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh z hitung = 1,364 > z tabel = 1,895 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran yang diberikan adalah (1) kepada siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah hendaknya berusaha untuk meningkatkan aktivitas belajarnya, (2) kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya mengaktifkan kegiatan layanan konseling kelompok dalam usaha meningkatkan aktivitas belajar siswa.(3) kepada peneliti selajutnya handaklah dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama tetapi dengan menggunakan layanan, pendekatan dan teknik yang berbeda. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Konseling Kelompok

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 17 Jan 2014 04:18
Last Modified: 17 Jan 2014 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item