, ERMA FEBRIANDA (2011) PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI HIDROKARBON (PTK pada siswa kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP 2010-2011). Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (243Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (263Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
Archive
Lampiran.zip - Published Version Download (2336Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara serta studi dokumentasi yang diberikan oleh guru kimia kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung diperoleh data bahwa rata-rata nilai pengusaan konsep kimia siswa kelas X1 pada materi pokok hidrokarbon tahun pelajaran 2009-2010 yaitu sebesar 57,91 dan hanya 43,75% siswa yang memperoleh nilai ≥ 65. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009-2010 yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Sedangkan pada Tahun Ajaran 2010-2011 Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang diterapkan yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 68. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan : (1) Rata-rata persen-tase aktivitas belajar on task (2) Rata-rata penguasaan konsep kimia (3) Persentase ketuntasan belajar siswa, melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pokok hidro-karbon dari siklus I ke siklus II. Erma Febrianda Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA N 7 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task, dan data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II adalah sebagai berikut: Aktif bertanya kepada guru sebesar 17,95% ; Aktif dalam diskusi kelompok sebesar 5,15% ; Aktif dalam mengemukakan pendapat sebesar 16,66%; Aktif dalam mengerjakan LKS sebesar 14,09. (2) persentase penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 15,27%,. (3) ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%. Kata kunci : pembelajaran menggunakan pendekatan tutor sebaya, aktivitas on task, penguasaan konsep, ketuntasan belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > Q Science (General) > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 17 Jan 2014 04:24 |
Terakhir diubah: | 17 Jan 2014 04:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |