EKA RIZKY AMALIA, 0913031039 (2013) STUDI PERBANDINGAN MORALITAS ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRAGI LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. UNSPECIFIED.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
3. COVER DALAM.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
Text
6. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
Text
9. MOTTO.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
Text
10. SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR RUMUS.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
17. BAB I.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
18. BAB II.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
|
Text
19. BAB III.pdf Download (371Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
20. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (430Kb) |
|
|
Text
21. BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
22. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan moralitas antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation (GI) dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: 1) ada perbedaan moralitas antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 5,802 > 4,10. 2) moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 9,806 > 2,10. 3) moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 2,339 > 2,10. 4) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap moralitas siswa, dengan hasil pengujian 59,026 > 4,10. Kata Kunci: Moralitas, Model Pembelajaran VCT dan GI, serta Sikap Terhadap Mata Pelajaran.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | A General Works = Karya Karya Umum |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Depositing User: | Farid Hambali Prihantoro, A.Md. |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 07:03 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 07:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |