STUDI PERBANDINGAN MORALITAS ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRAGI LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

EKA RIZKY AMALIA, 0913031039 (2013) STUDI PERBANDINGAN MORALITAS ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRAGI LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER DEPAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. DAFTAR RUMUS.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
15. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
17. BAB I.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
18. BAB II.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
19. BAB III.pdf

Download (371Kb) | Preview
[img] File PDF
20. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (430Kb)
[img]
Preview
File PDF
21. BAB V.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
22. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan moralitas antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation (GI) dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: 1) ada perbedaan moralitas antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 5,802 > 4,10. 2) moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 9,806 > 2,10. 3) moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 2,339 > 2,10. 4) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap moralitas siswa, dengan hasil pengujian 59,026 > 4,10. Kata Kunci: Moralitas, Model Pembelajaran VCT dan GI, serta Sikap Terhadap Mata Pelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 02 Dec 2014 07:03
Terakhir diubah: 02 Dec 2014 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir