PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA, KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP PGRI 2 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Habib Purnama, 0913031087 (2013) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA, KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP PGRI 2 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
surat pernyataan.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab I.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab II.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab III.pdf

Download (364Kb) | Preview
[img] File PDF
bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (552Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK SMP PGRI 2 Labuhan Ratu merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang diharapkan dapat membantu menyukseskan program pemerintah dalam bidang pendidikan. Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu masih tergolong rendah, yaitu dari 90 siswa terlihat hanya 41 siswa atau 45,56% siswa yang mendapat nilai ≥70, dan berarti 54,44% atau sebanyak 49 siswa memperoleh nilai <70. Dengan kata lain, hanya 45,56% bahan pelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantaranya banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor bimbingan orang tua, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar memiliki peranan penting terhadap tinggi rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan orang tua, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Labuhan Ratu tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 90 siswa dan semuanya dijadikan sampel karena populasinya kurang dari 100 subjek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan computer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Ada pengaruh kebiasaan belajar IPS Terpadu siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. 3. Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. 4. Ada pengaruh bimbingan orang tua, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Hasil Belajar IPS Terpadu

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 05 Dec 2014 02:10
Terakhir diubah: 05 Dec 2014 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir