Habib Purnama, 0913031087 (2013) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA, KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP PGRI 2 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. UNSPECIFIED.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
surat pernyataan.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab I.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (364Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (552Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK SMP PGRI 2 Labuhan Ratu merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang diharapkan dapat membantu menyukseskan program pemerintah dalam bidang pendidikan. Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu masih tergolong rendah, yaitu dari 90 siswa terlihat hanya 41 siswa atau 45,56% siswa yang mendapat nilai ≥70, dan berarti 54,44% atau sebanyak 49 siswa memperoleh nilai <70. Dengan kata lain, hanya 45,56% bahan pelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantaranya banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor bimbingan orang tua, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar memiliki peranan penting terhadap tinggi rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan orang tua, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Labuhan Ratu tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 90 siswa dan semuanya dijadikan sampel karena populasinya kurang dari 100 subjek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan computer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Ada pengaruh kebiasaan belajar IPS Terpadu siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. 3. Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. 4. Ada pengaruh bimbingan orang tua, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Hasil Belajar IPS Terpadu
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 02:10 |
Terakhir diubah: | 05 Dec 2014 02:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5562 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |