PERBANDINGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP

Kadek Budiasa, 0913022094 (2013) PERBANDINGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. KOVER LUAR.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Menyetujui.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Riwayat hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Motto.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. persembahan.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II KERANGKA TEORITIS.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAb III METODE PENELITIAN.pdf

Download (364Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV-V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (253Kb)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas sehingga siswa sulit dalam menerima, merespon, serta mengembangkan materi yang diberikan oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa tidak berkembang. Penelitian ini membandingkan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi, (2) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Candipuro. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIIId sebagai kelas yang menggunakan metode inkuiri terbimbing dan kelas VIIIe sebagai kelas yang menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kadek Budiasa Desain Eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk True-Experimental Design dengan tipe Posttest-Only Control Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Ada perbedaan rata-rata-rata motivasi belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi, (2) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas inkuiri terbimbing yaitu 70,87 sedangkan pada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu 66,21 dan rata-rata nilai motivasi belajar pada kelas inkuiri terbimbing yaitu 69,57 sedangkan pada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu 65,90. Jadi dapat disimpulkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas metode inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas metode inkuiri bebas termodifikasi. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Hasil Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 05 Dec 2014 04:16
Last Modified: 05 Dec 2014 04:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item