Kadek Budiasa, 0913022094 (2013) PERBANDINGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. KOVER LUAR.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Mengesahkan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat hidup.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. persembahan.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I PENDAHULUAN.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II KERANGKA TEORITIS.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAb III METODE PENELITIAN.pdf Download (364Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV-V .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (253Kb) |
||
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (45Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas sehingga siswa sulit dalam menerima, merespon, serta mengembangkan materi yang diberikan oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa tidak berkembang. Penelitian ini membandingkan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi, (2) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Candipuro. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIIId sebagai kelas yang menggunakan metode inkuiri terbimbing dan kelas VIIIe sebagai kelas yang menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kadek Budiasa Desain Eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk True-Experimental Design dengan tipe Posttest-Only Control Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Ada perbedaan rata-rata-rata motivasi belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi, (2) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas inkuiri terbimbing yaitu 70,87 sedangkan pada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu 66,21 dan rata-rata nilai motivasi belajar pada kelas inkuiri terbimbing yaitu 69,57 sedangkan pada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu 65,90. Jadi dapat disimpulkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas metode inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas metode inkuiri bebas termodifikasi. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Hasil Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 04:16 |
Terakhir diubah: | 05 Dec 2014 04:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5576 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |