Dwi Oktaviani Ogara, 0913031038 (2013) PERBEDAAN MORALITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN JUDUL.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN MOTTO.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (333Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (423Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (592Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan moralitas siswa dalam pembelajaran IPS terpadu yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran simulasi dan problem solving dengan memperhatikan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 313 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan skala psikologi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut, (1) Fhitung 6,281 > Ftabel 4,05, berarti hipotesis diterima. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan di atas bahwa terdapat perbedaan moralitas siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran problem solving. (2) Fhitung 14,696 > Ftabel 4,05, berarti hipotesis diterima. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan di atas bahwa terdapat perbedaan moralitas siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu antara siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal. (3) Fhitung 1,358 < Ftabel 4,05, berarti hipotesis ditolak. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan di atas bahwa tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal siswa pada pembelajaran IPS Terpadu. (4) thitung > 2,716 ttabel 2,07, berarti hipotesis diterima. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan di atas bahwa moralitas siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran simulasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran problem solving pada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal. (5) thitung 1,335 < ttabel 2,07, berarti hipotesis ditolak. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan di atas bahwa moralitas siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran simulasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran problem solving pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal. (6) thitung 1,894 < ttabel 2,07, berarti hipotesis ditolak. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan di atas bahwa moralitas siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu yang memiliki kecerdasan intrapersonal lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi. (7) thitung 4,316 > ttabel 2,07, berarti hipotesis diterima. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan di atas bahwa moralitas siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu yang memiliki kecerdasan intrapersonal lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Kata kunci: Moralitas, metode simulasi, metode problem solving, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 04:18 |
Terakhir diubah: | 05 Dec 2014 04:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5583 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |