PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 12 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

BRIGITA AYU KIRANA DEWI, 1513021028 (2019) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 12 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2115Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2116Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 299 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa skor kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian dan instrumen non tes berupa skala self-efficacy yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan uji Mann-Withney U dengan taraf segnifikasi 5% diperoleh rata-rata gain skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model guided discovery learning lebih tinggi daripada gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa model non-guided discovery learning, serta untuk data skor self-efficacy diperoleh median gain skor self-efficacy siswa yang mengikuti model guided discovery learning lebih tinggi daripada median gain skor self-efficacy siswa model non-guided discovery learning. Sehingga dari hasil dan pembahasan diperoleh bahwa penerapan model guided discovery learning berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Guided Discovery Learning, Self-Efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:57
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57555

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir