EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

HANGGORO MUKTI, 1413021032 (2019) EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (887Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (888Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk me- ngetahui efektivitas model reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII-B dan VIII-D. Data penelitian ini berupa data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis uji hipotesis menunjukkan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik, dan persentase siswa dengan kemampuan pemecahan masalah terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan reciprocal teaching. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model reciprocal teaching efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pemecahan masalah matematis, reciprocal teaching

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:29
Terakhir diubah: 04 Apr 2022 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57638

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir