Made Dewi Lestari, 1013024043 (2014) Efektivitas Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Slide Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Vertebrata. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (319Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (248Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada submateri vertebrata melalui penggunaan media slide power point di sekolah sebagai sumber belajar. Desain penelitian adalah pretest-postest non ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data kuantitatif menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi sebagai sumber belajar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media slide power point di sekolah sebagai sumber belajar, efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa (N-gain 66.57) lebih tinggi dan berbeda nyata daripada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan slide power point di sekolah (N-gain 50.34). Hasil ini terlihat jelas pada nilai N-gain berbeda signifikan. Indikator melakukan pemahaman konsep merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan media slide power point dengan nilai rata-rata gain 0,61 lebih tinggi dan berbeda nyata daripada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan slide power point di sekolah dengan rata-rata gain 0,42. Hasil analisis gain ini terlihat jelas pada nilai gain berbeda signifikan. Data persentasi hasil belajar siswa pada, untuk kelas eksperimen menunjukan persentase sebesar 75.5%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66%. Dari hasil tersebut diketahui, bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi dan sedang pada kelas kontrol. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Aspek bekerjasama dengan teman merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas eksperimen menunjukan persentase sebesar 85.29% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 83,33%. Dengan demikian penggunaan media slide power point di sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada sub materi vertebrata. Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, Media slide power point, Hasil belajar, Vertebrata
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 103279 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Dec 2014 03:07 |
Terakhir diubah: | 15 Dec 2014 03:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5776 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |