PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ISU SOSIOSAINIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19

RENNY APRINA, 1713023052 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ISU SOSIOSAINIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kimia berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga di masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Pengaruh pembelajaran isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size terhadap kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menggunakan independent sample t-test menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik. Hasil effect size yang diperoleh pada kemampuan literasi kimia sebesar 0,943 dengan kriteria “besar” dan effect size pada motivasi belajar peserta didik sebesar 0,89 dengan kriteria “besar”. Pembelajaran kimia berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci : isu sosiosaintifik, kemampuan literasi kimia, motivasi belajar, larutan penyangga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203996594 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:29
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57980

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir