Rizki Yunaini, 1013041058 (2014) PEMBELAJARAN MERESENSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (3695b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (274Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1259Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran meresensi teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran meresensi teks cerita pendek, (2) pelaksanaan pembelajaran meresensi teks cerita pendek, dan (3) penilaian pembelajaran meresensi teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah kegiatan pembelajaran meresensi teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran (aktivitas guru dan aktivitas siswa), dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi, observasi, wawancara, dan melalui rekaman. Tahapan analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran. Kegiatan tahapan tersebut meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan komponen-komponen RPP pada kurikulum 2013, namun di dalam RPP guru tidak mencantumkan model pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Aktivitas yang dilakukan oleh siswa meliputi aktivitas melihat, berbicara, mendengarkan, menulis, mental, dan emosi. Selanjutnya, penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian nontes dan penilaian tes. Penilaian nontes digunakan untuk menilai sikap siswa berdasarkan hasil observasi guru dengan mengamati empat aspek yaitu, sikap spiritual, jujur, sopan, dan percaya diri. Penilaian tes digunakan untuk menilai pengetahuan siswa mengenai materi yang telah dijelaskan oleh guru kemudian guru memberikan tugas kelompok kepada siswa dengan menjawab lima pertanyaan dalam bentuk esai. Sementara itu guru tidak melakukan penilaian keterampilan pada saat kegiatan pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 688366 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Dec 2014 07:06 |
Terakhir diubah: | 19 Dec 2014 07:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5858 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |