PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2013

A. Wahab, SITI ROFIAH (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (224Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] Archive
Lampiran.zip

Download (3558Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Tanjungsari Kecamatan Natar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa menggunakan media realia di kelas IV SDN 1 Tanjungsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sampai siklus 2 telah mencapai target keberhasilan penelitian yaitu pada kriteria baik pada siklus 1 sebesar 13.80% pada pertemuan 1 dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 34.5% kemudian siklus 2 menjadi 72.4%. Peningkatan ini terjadi juga pada kriteria aktivitas belajar amat baik, yaitu 0% pada siklus 1 dan menjadi 27.6% diakhir siklus 2 pertemuan 2. Pencapaian nilai prestasi belajar pada siklus 1 siswa yang tuntas 41.4% dan pada pertemuan 2 62.1% sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 72.4% dan pada pertemuan 2 menjadi 86.2% siswa telah mencapai KKM 65. Dari hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar IPA dan Media Realia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 21 Jan 2014 02:42
Terakhir diubah: 21 Jan 2014 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir