EFEKTIVITAS LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

Indah Putri Anggraini, 1753023008 (2022) EFEKTIVITAS LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKPD interaktif berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan penguasaan konsep peserta didik. Peserta didik kelas XI MIPA SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung, merupakan populasi dalam penelitian ini. Kuasi eksperimen dengan pretest- postest control group desain merupakan metode dalam penelitian ini. Peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol, merupakan sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan LKPD interaktif berbasis problem solving dan kelas kontrol menggunakan LKPD konvensional. Efektivitas LKPD diukur dari perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n- Gain penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperimen berkriteria “tinggi” dan kelas kontrol berkriteria “sedang”. Ukuran pengaruh dihitung menggunakan effect size. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa pengaruh LKPD interaktif berbasis problem solving lebih tinggi daripada pengaruh LKPD konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD interaktif berbasis problem solving berpengaruh besar dan efektif dalam meningkatkan keterampilan penguasaan konsep peserta didik pada materi koloid.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203155463 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:51
Terakhir diubah: 07 Apr 2022 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58799

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir