PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV A SDN 2 LANGKAPURA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sriyadi, SHELLA DYAH WULAN SARI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV A SDN 2 LANGKAPURA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (367Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (303Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV A SDN 2 Langkapura. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model cooperative learning tipe TSTS dan media grafis siswa kelas IV A SDN 2 Langkapura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data dalam penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran melalui model cooperative learning tipe TSTS dengan media grafis menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 43,28% dengan kategori kurang aktif, siklus II 56,93% dengan kategori cukup aktif, dan siklus III 76,61% dengan kategori aktif. Sementara ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 58,33% dengan nilai rata-rata 68,33, siklus II 75% dengan nilai rata-rata 73,75 dan siklus III 83,33% dengan nilai rata-rata 79,67. Analisis hipotesis terhadap peningkatan siklus I, II dan III secara berurutan yaitu t-tes didapatkan hasil thitung 1 = 5,04, thitung 2 = 4,46 lebih besar dari ttabel = 2,069 maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe TSTS dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN 2 Langkapura tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: cooperative learning, TSTS, media grafis, aktivitas dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 03:59
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir