Nia Wahyuningtyas, 1013024049 (2014) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (328Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (307Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (398Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada meteri pokok lingkungan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5 dan X6 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 5% dan data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa, angket tanggapan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 68,18%; kontrol = 55,80%). Pada aspek membuat rumusan masalah (72,73%), bekerjasama (86,36%), mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (71,59%), mempresentasikan hasil diskusi (82,95%) dan mengajukan pertanyaan (27,27%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (67,98%) dan selisih nilai 21.68%. Pada indikator kognitif C2, rata-rata N-gain berkriteria sedang (68,56%); dan indikator kognitif C4 berkriteria sedang (66,69%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL dan ikut berkontribusi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, model PBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 967982 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Dec 2014 02:35 |
Terakhir diubah: | 19 Dec 2014 02:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5893 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |