PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN

Nia Wahyuningtyas, 1013024049 (2014) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (328Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (398Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada meteri pokok lingkungan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5 dan X6 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 5% dan data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa, angket tanggapan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 68,18%; kontrol = 55,80%). Pada aspek membuat rumusan masalah (72,73%), bekerjasama (86,36%), mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (71,59%), mempresentasikan hasil diskusi (82,95%) dan mengajukan pertanyaan (27,27%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (67,98%) dan selisih nilai 21.68%. Pada indikator kognitif C2, rata-rata N-gain berkriteria sedang (68,56%); dan indikator kognitif C4 berkriteria sedang (66,69%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL dan ikut berkontribusi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, model PBL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 967982 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2014 02:35
Terakhir diubah: 19 Dec 2014 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5893

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir