PENGGUNAAN VIRTUAL LABORATORY SECARA DARING PADA PRAKTIKUM FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MASA COVID-19

Rizal Efendi Simamora, 1713022003 (2022) PENGGUNAAN VIRTUAL LABORATORY SECARA DARING PADA PRAKTIKUM FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MASA COVID-19. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan laboratorium virtual secara daring pada praktikum Fluida Statis terhadap peningkatan KPS pada siswa kelas XI IPA 2 Pringsewu dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design jenis One Sample Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen pretest-posttest materi fluida statis dalam bentuk pilihan jamak sebanyak 20 butir soal. KPS siswa yang diamati antara lain: melakukan observasi, menafsirkan pengamatan (interpretasi), mengelompokkan/klasifikasi, berkomunikasi, berhipotesis, dan merencanakan percobaan. Hasil uji data penelitian diketahui bahwa persentase pencapaian rata-rata KPS siswa pada pretsest sebesar 42,52% dengan kategori cukup, sedangkan persentase rata-rata pencapaian pada posttest sebesar 73,48% dengan kategori baik Hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,050, menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara persentase rata-rata KPS pretest dan posttest, dimana setelah menggunakan laboratorium virtual secara daring pada praktikum fluida statis rata-rata pencapaian KPS siswa pada posttest lebih besar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2203691383 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:59
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59287

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir