PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV SDN I PANJANG SELATAN BANDAR LAMPUNG

Sungeb, ANDI IVANA (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV SDN I PANJANG SELATAN BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (491Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran IPA mempelajari semua materi yang terkait dengan objek alam dan persoalannya. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar, perlu adanya perubahan pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan alat peraga, dan (2) Peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan alat peraga. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui 3 siklus, tiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap Perencanaan (Planning), Tindakan ( Action), Pengamatan ( Observation ), dan Refleksi ( Reflection ). Jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari aktivitas siswa yang dianalisis menggunakan analisis persentase. Data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil belajar, analisis data dengan persentase. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 59,50%, siklus II sebesar 75,00%, dan siklus III sebesar 83,75%. Hasil observasi prestasi siswa pada siklus I sebesar 47,50%, siklus II sebesar 80,00%, dan siklus III sebesar 95,00%. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, IPA, dan Alat Perag

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:00
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir