Bambang Vernando, 1313093007 (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VI SDN 2 LEMATANG KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (429Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan ativitas dan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Make A Match di kelas VI SDN 2 Lematang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas VI dengan menggunkan model pembelajaran Make A Match di SDN 2 Lematang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas VI. Hal ini ditunjukan pada siklus I dari jumlah siswa yaitu 20 siswa diperoleh persentase aktivitas belajar siswa mencapai 70% siswa atau 14 siswa yang dinyatakan aktif. Pada siklus II diperoleh persentase aktivitas belajar siswa mencapai 90% siswa atau 18 siswa yang dinyatakan aktif. Untuk perolehan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 80% siswa atau 16 siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90% siswa atau 18 siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan model pembelajaran Make A Match
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 5630356 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Dec 2014 06:26 |
Last Modified: | 25 Mar 2015 03:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |