PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 TEMPURAN LAMPUNG TENGAH

, Dista Raflia (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 TEMPURAN LAMPUNG TENGAH. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (269Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (176Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (768Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Dista - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1800Kb)

Abstrak

Penelitian berjudul “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Tempuran Lampung Tengah” dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa penyempurnaan dan peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia harus terus diupayakan. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara siswa mencapai 5,8 sedangkan KKM yang telah ditentukan guru adalah 6,5. Tujuan utama penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan berbicara melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Tempuran Lampung Tengah. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam tiga siklus tindakan pembelajaran dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas V pada tahun ajaran 2009-2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif kualitatif dengan jenis classroom action research (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Hal ini, dapat dilihat dari perkembangan nilai rata-rata aktivitas yang telah dicapai siswa pada siklus I sampai siklus III, pada siklus I adalah 62,60%, siklus II: 68,90%, dan pada siklus III: 75,65%. Begitu pula dengan hasil belajar keterampilan berbicara meningkat pada tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar keterampilan berbicara siklus I: 56,48, siklus II: 68,15, dan siklus III: 73,52. Kata Kunci : Keterampilan berbicara, Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 22 Jan 2014 03:34
Last Modified: 22 Jan 2014 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item