MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

Makmun, Emmilya (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (451Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (1979Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Tanjung Senang diperoleh data masih rendahnya tingkat aktivitas, keterampilan berbicara dan hasil belajar dari 34 siswa terdapat 13 siswa atau 38,2% yang belum mencapai nilai KKM 65. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas, kinerja guru dan keterampilan berbicara siswa , menggunakan metode bermain peran. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi. Teknik pengumpulan data di peroleh dengan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara siswa. Hal ini ditujukan dengan rata rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 67,06 dengan kategori cukup dan pada siklus ke dua sebesar 76,91 dengan kategori aktif. Rata-rata keterampilan berbicara siswa pada siklus pertama sebesar 66,47 dengan kategori cukup dan pada siklus kedua sebesar 77,50 dengan kategori baik. Kata Kunci: Bermain peran, aktivitas, keterampilan berbicara

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:02
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir