Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pecoh Raya Kecamatan Teluk Betung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013

Sariyono, F A T I M A H (2014) Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pecoh Raya Kecamatan Teluk Betung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (367Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (6Mb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 1 Pecoh Raya, aktivitas dan kemampuan menulis deskripsi siswa masih rendah, ketuntasan belajar siswa baru mencapai 5 orang siswa (20,83%) dari 24 orang siswa dengan KKM 70. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis deskripsi melalui pemanfaatan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui refleksi diri yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) perencanaan (planning); 2) tindakan (action); 3) pengamatan (observation), dan 4) refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar panduan observasi dan tes kemampuan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis deskripsi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai aktivitas siswa pada siklus 1 memperoleh nilai 69,58 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,58 dengan kategori aktif. Kinerja guru pada siklus 1 memperoleh nilai 71,25 dengan kategori baik, meningkat pada siklus 2 menjadi 83,75 dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 45,84%, dan pada akhir siklus 2 mencapai 91,66%. Kata kunci : Aktivitas, Menulis Deskripsi, Media Audio Visual.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:02
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir