, ERITA (2011) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 02 CEMPAKA JAYA KECAMATAN MENGGALA TIMUR KABUPATEN TULANG BAWANG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
SAMPUL E-TA.pdf - Published Version Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan E-TA.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan E-TA.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (205Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1073Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kegiatan pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 02 Cempaka Jaya belum maksimal, aktivitas siswa dalam belajar kurang dan prestasi belajar rendah dari KKM (60) siswa yang tuntas hanya 35%. Setiap proses pembelajaran, siswa cenderung mendengarkan penjelasan guru saja, untuk itu perlu dilakukan perubahan agar pembelajaran lebih aktif dan meningkat prestasinya. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V dengan menerapkan penggunaan metode eksperimen. Penelitian yang peneliti lakukan menggunakan metode dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), atau lebih dikenal dengan nama PTK. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dari rata rata 46% (cukup) pada siklus I menjadi 58% (aktif) pada siklus II, prestasi siswa juga meningkat dari 12 siswa (46%) menjadi 23 siswa (84%) yang tuntas dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan metode eksperimen adalah metode yang cocok untuk pembelajaran IPA karena metode eksperimen dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri, melakukan sendir, penelitian menunjukkan bahwa: penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN2 Cempaka Jaya Kecamatan Menggala Timur Kata kunci : Eksperimen, aktivitas dan prestasi dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 03:52 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 03:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/621 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |