PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 02 CEMPAKA JAYA KECAMATAN MENGGALA TIMUR KABUPATEN TULANG BAWANG

, ERITA (2011) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 02 CEMPAKA JAYA KECAMATAN MENGGALA TIMUR KABUPATEN TULANG BAWANG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
SAMPUL E-TA.pdf - Published Version

Download (180Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan E-TA.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan E-TA.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (148Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (205Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1073Kb)

Abstrak

Kegiatan pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 02 Cempaka Jaya belum maksimal, aktivitas siswa dalam belajar kurang dan prestasi belajar rendah dari KKM (60) siswa yang tuntas hanya 35%. Setiap proses pembelajaran, siswa cenderung mendengarkan penjelasan guru saja, untuk itu perlu dilakukan perubahan agar pembelajaran lebih aktif dan meningkat prestasinya. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V dengan menerapkan penggunaan metode eksperimen. Penelitian yang peneliti lakukan menggunakan metode dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), atau lebih dikenal dengan nama PTK. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dari rata rata 46% (cukup) pada siklus I menjadi 58% (aktif) pada siklus II, prestasi siswa juga meningkat dari 12 siswa (46%) menjadi 23 siswa (84%) yang tuntas dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan metode eksperimen adalah metode yang cocok untuk pembelajaran IPA karena metode eksperimen dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri, melakukan sendir, penelitian menunjukkan bahwa: penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN2 Cempaka Jaya Kecamatan Menggala Timur Kata kunci : Eksperimen, aktivitas dan prestasi dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 22 Jan 2014 03:52
Last Modified: 22 Jan 2014 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item