PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA

ERMA WATI, 1723031006 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - Erma emon.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL - Erma emon.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Erma emon.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah, dan mengetahui kelayakan LKPD ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall. Uji coba terbatas dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS4 di SMA Negeri 1 Seputih Surabaya yang berjumlah 9 orang siswa dengan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil uji coba terbatas memperoleh skor rata- rata keseluruhan 3,4 dengan persentase sebesar 86. Hasil penelitian mendapatkan, 1) LKPD ekonomi berbasis masalah. 2) Hasil uji kelayakan LKPD ekonomi berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Rata-rata kemampuan berpikir kritis per indikator adalah sebagai berikut: keterampilan menganalisis pada kategori tinggi dengan rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 44,44%, keterampilan mensintesis pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 44,44%, keterampilan membuat kesimpulan pada kategori sedang rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 44,44%, dan keterampilan membuat keputusan pada kategori tinggi dengan rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 55,55%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD ekonomi berbasis masalah layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Kemampuan Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 31 May 2022 01:23
Terakhir diubah: 31 May 2022 01:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62184

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir