PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS IV SD NEGERI 2 KANGKUNG KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG

M. Yani, HOSDAH (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS IV SD NEGERI 2 KANGKUNG KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (260Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (459Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (3382Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kangkung Kecamatan Teluk betung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan menggunakan metode inkuiri terhadap siswa kelas IV di SDN 2 Kangkung Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur dalam penelitian ini ada 2 siklus dengan empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes menggunakan soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 53,42 meningkat 22,50 point pada siklus II menjadi 75,92. Hasil belajar siswa pada Siklus 1 mencapai nilai rata-rata 61,67 kemudian meningkat 22,91 point menjadi 84,58 pada siklus II Kata Kunci : Metode Inkuiri, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Matematika.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:02
Terakhir diubah: 16 Apr 2015 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir