PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL HYPNOTEACHING PADA KELAS IVC SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANDRI SUNDALA PUTRA, 1013053101 (2014) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL HYPNOTEACHING PADA KELAS IVC SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGEAHAN.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (2211Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVC SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVC SD Negeri 8 Metro Timur melalui penggunaan model Hypnoteaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari;(1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Hypnoteaching pada pembelajaran tematik di kelas IVC SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Persentase motivasi siswa secara klasikal pada siklus I yaitu (70,8%) kategori “baik” pada siklus II (83,3%) kategori “sangat baik”, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (12,5%). Sementara itu hasil belajar afektif siswa siklus I yaitu (67,6) kategori “baik” pada siklus II (77,5) ketegori “baik” terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (9,9). Hasil belajar kognitif siswa nilai rata-rata siklus I yaitu (71,6) dan siklus II (82) terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (10,4), sedangkan persentase secara klasikal pada siklus I adalah (75%) kategori “tinggi” dan pada siklus II (87,5%) kategori “ sangat tinggi”, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (12,5%). Hasil belajar psikomotor siswa siklus I yaitu (65,9) pada siklus II (78,8) terjadi peningkatan sebesar (12,9), sedangkan persentase secara klasikal pada siklus I adalah (66,6%) kategori “baik” pada siklus II (83,3%) kategori “ sangat baik”, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (16,7%). Kata kunci: motivasi, hasil belajar siswa, model Hypnoteaching.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 5601109 . Digilib
Date Deposited: 30 Dec 2014 06:53
Last Modified: 30 Dec 2014 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6269

Actions (login required)

View Item View Item