PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MULTI-STAGE DISCUSSION BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS

Titis Lisani Walqolbu, 1813022009 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MULTI-STAGE DISCUSSION BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2382Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1157Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran flipped classroom dengan metode multi-stage discussion berbantuan WhatsApp terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran harmonis. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen bentuk non-equivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel secara purposive. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 1 Serang dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 72 orang siswa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan nilai pretest dan posttest hasil belajar siswa. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dilihat dari nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,002. Setelah diterapkan pembelajaran, hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan pada kategori sedang dengan rata-rata N-gain sebesar 0,33 dan rata-rata N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,27 pada kategori rendah, dan ditemukan peningkatan pada masing-masing indikator hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil Belajar, Flipped Classroom, Multi-stage Discussion, WhatsApp

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2203576808 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:45
Terakhir diubah: 08 Jun 2022 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62743

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir