EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN STRATEGI METAKOGNISI PESERTA DIDIK

DHEMI FEBRIANI, 1713024026 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN STRATEGI METAKOGNISI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2707Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2450Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan metode diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan hasil belajar dan strategi metakognisi peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Seputih Agung tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah randomize block design, diperoleh kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan nilai n-Gain yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji mann whitney pada data hasil belajar dan independent samples t-test pada data strategi metakognisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik memiliki rata-rata n�Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,61) dibanding kelas kontrol (0,44) dengan perbedaan kriteria n-Gain hasil belajar tiap peserta didik, pada kelas eksperimen diperoleh hasil lebih dari 75% siswa memiliki n-Gain berkriteria “sedang” hingga “tinggi”. Selain itu, strategi metakognisi peserta didik memiliki hasil rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,40) dibanding kelas kontrol (0,35) dalam kategori “sedang”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok kecil efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan strategi metakognisi peserta didik. Kata Kunci: pembelajaran daring, metode diskusi kelompok kecil, hasil belajar, strategi metakognisi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2203343654 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:47
Terakhir diubah: 16 Jun 2022 08:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63124

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir