PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 NATAR

ANGGI NUGRA HENI, 1613024065 (2022) PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1386Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1240Kb) | Preview

Abstrak

Pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning selama pembelajaran daring pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi- eksperiment dengan desain kelompok kontrol Pretest-Postest Non-equivalent. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B berjumlah 64 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji Independent Sample t-test dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dianalisis dengan menggunakan hasil Uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik selama pembelajaran daring. Didapatkan hasil penelitian nilai ratarata N-gain didik pada kelas eksperimen sebesar (0,74±0,07) dan kelas kontrol (0,54±0,11). Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik selama pembelajaran daring. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran Daring, Google Meeting, Materi Zat Aditif dan Adiktif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2203228729 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:13
Terakhir diubah: 30 Jun 2022 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64012

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir