ANALISIS KOMPARATIF CIVIC SKILLS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR MATARAM

INDRIA TAMALIA, 1813032026 (2022) ANALISIS KOMPARATIF CIVIC SKILLS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1237Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1030Kb) | Preview

Abstrak

Keterampilan kewargenegaraan (civic skills) merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Peserta didik yang memiliki civic skills yang rendah dalam proses pembelajaran maka peserta didik tersebut belum mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Penelitian dilakukan berdasarkan hasil pengamatan awal yang ditemukan masalah yaitu mengenai civic skills peserta didik kelas VII yang masih rendah serta dalam pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design menggunakan pretest posttest angket dan essay. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022 dan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII-3 sebagai kelas kontrol dan VII-4 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis non parametrik mann-whitney dan uji effect size.Temuan penelitian menunjukan bahwa (1) hasil awal angket dan essay civic skills peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kondisi awal yang sama dikarenakan kedua kelas tersebut belum mendapatkan perlakuan; (2) hasil akhir civic skills peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, hal ini dikarenakan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran time token sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran time token terhadap civic skills peserta didik dibuktikan dengan hasil uji hipotesis non parametrik mann-whitney dan uji effect size. Kata kunci: Model pembelajaran, PPKn, Civic skills.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2203500260 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:47
Terakhir diubah: 03 Aug 2022 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64390

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir