Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Pesawahan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi

, Fera Apriliyanti (2011) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Pesawahan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
mengesahkan.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (173Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1153Kb)

Abstrak

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas II SD Negeri 2 Pesawahan Teluk Betung Selatan, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus mengikuti 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi yaitu metode pembelajaran dengan memperagakan kepada siswa dengan suatu proses, situasi atau benda tertentu baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi, tes tertulis dan kuisioner/angket. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 2 (dua) teknik yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil tindakan ditemukan fakta bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan kedudukan matahari menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus. Hasil belajar siswa meningkat, mencapai rata-rata sebesar 77,5%. Kata Kunci : Peningkatan Aktivitas Belajar, Metode Demonstrasi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 02:43
Last Modified: 23 Jan 2014 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item