CHAIRUNISA LIANI, 1813032031 (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1292Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1148Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran berbasis animasi terhadap tingkat pemahaman materi pada mata pelajaran PPKn peserta didik kelas VIII di SMPN 20 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 20 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 21. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T-Test terhadap data posttest pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2- Tailed) sebesar 0,000 terlihat bahwa nilai Sig. (2-Tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya, video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap tingkat pemahaman materi peserta didik, yang mana video pembelajaran berbasis animasi dapat menstimulus peserta didik untuk lebih tertarik mempelajari materi PPKn hal dibuktikan dengan hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar 59% yang berarti video animasi cukup berpengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik Kata Kunci: Video pembelajaran, animasi, pemahaman, peserta didik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | 2203968849 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 06:45 |
Terakhir diubah: | 04 Aug 2022 06:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64413 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |