PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG

CHAIRUNISA LIANI, 1813032031 (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1292Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1148Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran berbasis animasi terhadap tingkat pemahaman materi pada mata pelajaran PPKn peserta didik kelas VIII di SMPN 20 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 20 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 21. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T-Test terhadap data posttest pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2- Tailed) sebesar 0,000 terlihat bahwa nilai Sig. (2-Tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya, video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap tingkat pemahaman materi peserta didik, yang mana video pembelajaran berbasis animasi dapat menstimulus peserta didik untuk lebih tertarik mempelajari materi PPKn hal dibuktikan dengan hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar 59% yang berarti video animasi cukup berpengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik Kata Kunci: Video pembelajaran, animasi, pemahaman, peserta didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2203968849 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:45
Terakhir diubah: 04 Aug 2022 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64413

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir