EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

Hazel Salma, 1813023001 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK_Hazel Salma.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1899Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1467Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas XI IPA SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 179 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan ditetapkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Group Design. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif. Berdasarkan kriteria Hake (1998), hasil penelitian rata-rata n-Gain hasil belajar kognitif peserta didik untuk kelas kontrol adalah 0,38 dan kelas eksperimen adalah 0,67 keduanya memiliki kategori sedang. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai n-Gain hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Serta berdasarkan kriteria Arikunto (2006) presentase rata-rata hasil belajar afektif peserta didik untuk kelas kontrol adalah 61,13% dan kelas eksperimen adalah 66,81% keduanya memiliki kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa persentase rata-rata hasil belajar afektif peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan persentase rata-rata hasil belajar afektif peserta didik pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan laboratorium virtual efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa. Kata kunci: asam basa, hasil belajar, inkuiri terbimbing, laboratorium virtual

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208485113 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:04
Terakhir diubah: 16 Aug 2022 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65015

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir