MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SDN 4 CANDIMAS (PTK di SDN IV Candimas tahun ajaran 2010/2011)

, Herdawati (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SDN 4 CANDIMAS (PTK di SDN IV Candimas tahun ajaran 2010/2011). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf - Published Version

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (151Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1418Kb)

Abstrak

Aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah, begitupun dengan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan observasi prapenelitian yang dilakukan di SDN IV candimas Natar. Begitupun dengan penerapan pembelajaaran yang dilakukan guru, masih menggnkan pendekatan yang monoyon, yaitu pendekatan dengan metode ceramah. Kejadian tersebut sulit untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajrn matematika. Penerapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan alat peraga. Menerapkan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningktakan aktivitas dan hasil belajar siswa. langkah-langkah pembelajaran matematika menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut. (1) Membagi siswa dalam kelompok (2) Guru memperkenalkan alat-alat peraga kepada siswa (3) Guru mendemonstrasikan alat-alat peraga di depan kelas (4) Guru memerintahkan salah satu siswa untuk memperagakan di depan kelas dan menjelaskan kepada teman-temanya (5) Guru membagi LKS dan siswa di ajak bekerjasama dalam menylesaikan soal yang berkaitan dengan demontrasi alat Hasil penelitian pembelajaran matemática menggunakan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil relajar siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan aktivitas pembelajaran siswa dan peningkatana hasil belaar siswa dari siklus I, siklus II, dan siklus III Kata kunci : hasil belajar, aktivitas, dan alat peraga

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 03:33
Last Modified: 23 Jan 2014 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item