PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP RESPONSIBILITY KAWASAN HERITAGE TNBBS PESERTA DIDIK

Novia Muryanti, 1713024011 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP RESPONSIBILITY KAWASAN HERITAGE TNBBS PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF (Siapa pun)
1. Abstrak.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img] File PDF (Hanya staf)
2. Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1932Kb)
[img]
Preview
File PDF (Siapa pun)
3. Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1647Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues pada materi ekosistem terhadap responsibility kawasan heritage TNBBS peserta didik di SMAN 1 Krui. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 1 Krui. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel 36 peserta didik dari kelas X IPA 1 dan 36 peserta didik dari kelas X IPA 5. Desain penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Data nilai pengetahuan ekosistem peserta didik diperoleh dari soal tes sedangkan data nilai responsibility pada heritage TNBBS diperoleh dari angket yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji One Way ANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues terhadap responsibility dan hasil belajar kognitif, rerata nilai responsibility pada kelas eksperimen 90,14 dan kelas kontrol 85,36, sedangkan rerata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen 79,89 dan pada kelas kontrol 68,75. Hasil analisis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan 0,000<0,05 sehingga H1 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues pada materi ekosistem terhadap responsibility dan hasil belajar kognitif kawasan heritage TNBBS peserta didik. Dimensi yang paling dikuasai peserta didik dalam responsibility ekosistem heritage TNBBS adalah dimensi “tindakan”. Kata kunci: problem based learning, socio scientific issues, responsibility, ekosistem, tnbbs.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208930690 . Digilib
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:06
Terakhir diubah: 25 Aug 2022 01:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65621

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir