PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR MARGO

Made Loka Widya Santi, 1853024002 (2022) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR MARGO. FAKULTAS FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK MADE LOKA WIDYA SANTI.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL 1853024002_Made Loka Widya Santi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1541Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN MADE LOKA WIDYA SANTI.pdf

Download (1222Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi sistem pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar Margo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi exsperimen design (desain eksperimen semu) dengan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, dan posttest sebagai hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 menyatakan bahwa H₁ diterima dan H₀ ditolak sehingga terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan. Dan didapatkan hasil rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen dengan skor 75,87; dengan kriteria ‘sedang’. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata nilai posttest dengan skor 54,88; dengan kriteria ‘rendah’. Analisis statistik dengan uji mann whitney menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Video, Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208167224 . Digilib
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:03
Terakhir diubah: 05 Sep 2022 01:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir