Achmad, IKA NURYANTI ACHMAD (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD N 2 SUKAMAJU TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover 2.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (255Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (310Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (336Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (817Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa belum mencapai KKM, Adapun permasalahan penelitian ini adalah apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model pembelajaran STAD. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus meliputi empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran STAD, Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes dan metode observasi. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV/A SD Negeri 2 Sukamaju. Hal ini ditunjukkan peningkatan hasil belajar disetiap siklus, pada siklus III hasil belajar siswa meningkat mencapai 97,05% dengan rata nilai 73,83. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar IPS dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukamaju, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Saran yang diajukan peneliti, yaitu : (1) Kepada guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS dapat menggunakan model pembelajaran STAD; (2) Kepada Sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menyediakan sarana pendukung yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Kata kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 04:06 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |