MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD N 2 SUKAMAJU TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

Achmad, IKA NURYANTI ACHMAD (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD N 2 SUKAMAJU TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover 2.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (255Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (310Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (817Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa belum mencapai KKM, Adapun permasalahan penelitian ini adalah apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model pembelajaran STAD. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus meliputi empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran STAD, Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes dan metode observasi. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV/A SD Negeri 2 Sukamaju. Hal ini ditunjukkan peningkatan hasil belajar disetiap siklus, pada siklus III hasil belajar siswa meningkat mencapai 97,05% dengan rata nilai 73,83. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar IPS dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukamaju, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Saran yang diajukan peneliti, yaitu : (1) Kepada guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS dapat menggunakan model pembelajaran STAD; (2) Kepada Sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menyediakan sarana pendukung yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Kata kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 04:06
Last Modified: 23 Jan 2014 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item