EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

SAPUTRA, DICKY (2022) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2544Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1806Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas blended learning dengan model discovery learning pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sukadana Lampung Timur semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis perhitungan rata-rata nilai postes berupa uji perbedaan dua rata-rata dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata nilai postes KPS siswa di kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan nilai postes di kelas kontrol, (2) rata-rata n-gain KPS siswa di kelas eksperimen berkategori tinggi sebesar 0,71. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa blended learning dengan model discovery learning efektif untuk meningkatkan KPS siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208832898 . Digilib
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:16
Terakhir diubah: 30 Nov 2022 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67258

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir